Untuk tahun ini SMAN 2 Pangkalan Bun berbarengan dengan SMAN 3 Pangkalan Bun. Kami tergabung dalam rombongan 3 bis. Tepat pukul 01.00 dini hari kami sampai di pelabuhan tanjung perak setelah mengarungi samudra selama kurang lebih 24 jam. Kami langsung melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali dengan fasilitas naik hotel Bandung ( ban ngglundung ) alias naik bis dengan Biro Jasa Wisata dari Divana Tour Purworejo cabang Pangkalan Bun .

Sempat singgah untuk rest n ibadah di daerah Probolinggo terus lanjut perjalanan. Sekitar pukul 13.00 WIB tiba di pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Hanya sekitar 1 jam perjalanan ke Gilimanuk dengan kapal ferry gak terasa bagi kami dibanding perjalanan Kumai – Surabaya.

Niat utama ke Pura Tanah Lot, namun karena terlalu sore akhirnya dipending dulu. Langsung ke hotel untuk rehat di Hotel Puspa Indah.. haaah akhirnya bisa istirahat dan tidur dengan nyaman.

Langit sudah membuka mata .. Rahajeng enjang.. selamat pagi.. good morning.. sapaan Bli Citra.. tour guide kami selama di Bali.. langsung tancap gas ke Putra Barong untuk melihat Barong dan Keris dance show. Walau berjubel penonton tapi asik dan seru juga lucu banget.. menghibur !!!

Saatnya di wahana air.. tanjung benoa… I am coming. Water sportnya.. wowww.. kami naik bottom glass melihat ikan cinta, juga pengembang biakan penyu. Kami juga bisa foto-foto dengan penyu yang berkepala manusia haha.. Ada beberapa anak-anak yang bermain banana boat, ini yang bikin adrenalinnya meningkat. Let’s Go Swim …

Pantai Pandawa.. atau sering disebut juga (Pantai Rahasia (Secret Beach) pantai baru dengan sensasi jalan yang membelah bukit. Pantai pasir putih dan pantai landai karena adanya pemecah ombak.. kami asik bermain perahu kano dan paragliding.. sensasi tersendiri. View bentangan pantai Pendawa, indah mempesona di mata.

GWK, Garuda Wisnu Kencana merupakan rencana patung tertinggi di dunia 137 meter. Sayangnya kami datang terlalu sore jadi gak kebagian gambar jelas. Tapi malah dapat sensasi juga foto malam hari dengan lightingnya.

Hari ke-3 di Bali melihat Pura Taman Ayun trus ke pabrik kata-kata yaitu kaos Joger. Hari ini yang sensasional makan siang dipinggir danau Beratan Bedugul. Lapar ditambah suasana sejuk.. mak nyoss. Ada sebagian yang naik speed boat ke Pura Ulun Ndanu namun ada juga yang naik perahu dayung dan memancing ikan dipinggir danau. Kelar dari Bedugul kemudian ke Tanah Lot.. vievnya kereen,, sayangnya air lagi pasang jadi kami tidak bisa menyeberang dibawah puranya.

Keesokan harinya, Pas perayaan Galungan hari ini. Kami menuju Kintamani untuk menikmati Danau Batur yang merupakan kaldera Gunung Batur berbentuk bulan sabit. Kami sempet naik angkutan menuju pinggir danaunya.. woow jalannya berliku dan indah sekali pemandangan disekitar. Vievnya diambil dari Panelokan.

Lanjut…. Lanjut ke Pura Tirta Empul melihat sumber mata air yang muncul dan disucikan masyarakat setempat. Kebetulan letak pura ini ada dibawah istana presiden Tampak Siring. Perjalanan kembali ke Denpasar menuju pantai Kuta. Namun sebelumnya menikmati pantai Sanur dulu, pantai yang indah pada saat sunrise. Ramainya pantai Kuta sore ini.. walau airnya agak kotor namun tidak mengurangi kami mandi dan berenang. Pastinya gak ketinggalan selfie bersama temen dan berburu selfie bareng turis manca. Jelang sore, saat senja beradu di ufuk Barat, pantai Kuta mulai ditinggalkan para wisatawan tampak kembali ke bus. Walau Kali ini kurang garang karena awan kelabu menghalangi sunsetnya Kuta.

Hari terakhir di Bali.. kali ini konsentrasi ke education.. Museum Bali dan Museum Bajra Sandhi tujuan kami.. melihat sejarah bali dan perjuangan rakyat bali. Pukul 12.00 WITA kita dah otw ke Gilimanuk dan sampai Ketapang sekitar pukul 16.00 WIB.

Kota Probolinggo… Di sinilah perjalanan SMAN 2 dan SMAN 3 Pangkalan Bun terpisah.. SMAN 3 ke Bromo Mount sedangkan SMAN 2 lanjut ke Malang karena tahun kemarin sudah ke Bromo. Kami transit di Malang dini hari. Setelah sarapan kami menuju grojogan Coban Rondho di kota Batu.. woow dengan ketinggian 82 meter airnya membuat suasana tambah dingin dan basah-basah. Puas menikmatinya dilanjutkan ke sensasi agrowisata. Yaa kami memetik buah apel di kebun apelnya sendiri.. bebas makan buah apel dikebun tapi klo dibawa keluar harus bayar hah….

Setelah makan siang kami ke wahana pendidikan dan rekreasi Jatim Park 1.. banyaknya permaenan gratis disana membuat kami semangat ingin mencobanya.. tapi sayangnya cuaca kurang bersahabat. Bagitu juga saat di BNS Batu Night Spectakuler karena agak gerimis kami hanya bisa bermain di wahana in door. Setelah itu kami menuju Surabaya.

Gak kerasa kami sampai di Surabaya tepatnya di Masjid Agung Surabaya dini hari setelah kelar dari BNS. Tujuan utama ke SURAMADU jembatan terpanjang di Indonesia panjangnya 5.482 meter. Setelah melintas jembatan kami juga menikmati makan siang di Pulau Madura. Sekembalinya dari Suramadu kami ke Monumen Kapal Selam. Nama kapal selam ini adalah KRI Pasopati dengan nomor lambung 410. Panjang dari kapal selam ini adalah 76 meter dengan lebar 6,3 meter

Tujuan akhir kami ke Mall.. wisata belanjaa shoping.. shoping…

Terimakasih…. SMAN 2 Pangkalan Bun.. terimakasih Divana Tour Purworejo dan Pangkalan Bun… trimakasih juga buat tour leadernya… mas Didaaaa.. mas Enoooo.. Ateeeeeng... Bli Putu, Bli Citra,, Bli Kentiiiiir matur suksma…

‘Thank you’ dan ‘Goodbye’! "Smile is a simple way of enjoying life".