Seratus kali mendengar, tak kalah dengan satu kali melihat. Seratus kali melihat tak kalah dengan satu kali mengalami” kata pepatah kuno dari Tiongkok.

Kami dataaaangg… ya setelah mengalami perjalanan kurang lebih 24 jam Pangkalan Bun – Surabaya akhirnya sampai juga menginjak  Surabaya.. Saatnya petualangan kami dimulai,, saatnya cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya.. Cuma tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya .. Cuma mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya

Masih bersama Biro Perjalanan Wisata DIVANA TOUR Purworejo dan Pangkalan Bun yang selama ini mengampu tour sekolah kami setiap tahunnya.


Yups… tujuan kami pertama adalah ke SURAMADU. Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi  Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal). Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Sayangnya kami hanya bias melihat-lihat dari dalam bis.. di area jembatan tidak diperbolehkan berhenti dan parkir.


By the way.. setelah makan siang di Madura kami melanjutkan perjalanan ke Bali dengan melintasi daerah Porong Sidoarjo, dimana terdapat bencana alam lumpur lapindo. Disisi lain kami juga menyempatkan berbelanja di Tanggul Angin yang merupakan sentra kerajinan kulit, tas, sepatu, dompet dll.


Dini hari kami sampai di pelabuhan Ketapang  Banyuwangi untuk melakukan penyeberangan ke Gilimanuk Bali. Setelah istrirahat, mandi, sarapan pagi kami langsung ke objek wisata Pura Tanah Lot.   Objek wisata ini terdapat sebuah pura yang berada diatas sebuah pulau karang kecil.  Tanah Lot juga menyajikan fenomena alam aneh dimana terdapat sumber mata air tawar yang jernih. 


Go get the fun!   Saatnya menikmati keindahan Pantai Kuta dengan ombak dan pasir putihnya. Wait a second…. Kayaknya kita gak bisa menikmati sunset goldnya Kuta.  Kali ini kurang garang karena awan kelabu menghalangi sunsetnya Kuta.  Tapi tidak mengurangi keceriaan kami.. selain selfie di pinggiran pantai, foto bareng temen-temen, kami juga sempet selfie bareng turis manca. I got our picture…. Yeaah… snap him first….! 



Kenken kabare… Becik-becik…. Komunikasi antara tour guide Bali Bli Citra dan  Bli Nengah saat kami bersiap-siap ke tempat wisata yang lain.  Hari ini dimulai dari Barong and Keris dance show. Dimana menceritakan tentang Sahadewa melawan Rangda.  Selain cerita klasicnya juga terdapat sisipan  adegan lucu-lucu antara monyet dan babi.


Water Sport… parasailing.. Banana Boat, Flying Fish… wowoww itu bayangan kami tentang Tanjung Benoa Nusa Dua Bali..  namun kesempatan kami pada naik Bottom Glass perahu yang ditengahnya terdapat kacanya untuk melihat pemandangan dibawah laut. Dengan penumpang 10 orang kami menuju tempat tumbuhnya karang dan ikan hias. Selamjutnya menuju tujuan autama yaitu ke pulau Penyu, dimana terdapat penangkaran penyu. Selain kami bias memegang penu kecil kami juga bias bercengkerama dengan Penyu big jumbo.. woo besar sekali.  Penyu berkepala manusia haha,,,  




GWK, Terletak diatas dataran tinggi batu kapur padas dan menatap kawasan wisata di pesisir selatan Bali. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park adalah jendela seni dan budaya Pulau Dewata yang memilki latar belakang alami serta panorama yang indah.


PANTAI PANDAWA sering disebut juga Pantai Rahasia (Secret Beach), Pantai Pandawa tentu sangat sedap dipandang. Pasirnya putih dengan air biru. Ombak di sana tidak sampai ke bibir pantai, meski angin dan gelombang laut terbilang cukup besar. Beragam aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pandawa meliputi bermain kano dan paragliding. Jika tak sedang ingin main air, berjalan-jalanlah sepanjang pantai.  Kita bisa menemukan beragam jajanan pasar dan pusat pembudidayaan rumput laut. Masyarakat lokal telah melakukannya sejak 30 tahun silam.



Taman ayun, Taman Ayun adalah sebuah kompleks Pura yang sangat besar, terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, kurang lebih 18 km dari jantung Kota Denpasar. Taman Ayun diterjemahkan secara harfiah sebagai taman yang indah dan dianggap sebagai salah satu Pura yang paling menarik di Bali. Dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Mengwi, I Gusti Putu Agung. Pura ini didedikasikan untuk para leluhur Kerajaan Mengwi dan dewa-dewa penting lainnya. Pura Taman Ayun dianggap sebagai "Pura Pusat" untuk Kerajaan Mengwi.



Bedugul, Bedugul memiliki pemandangan indah dan sejuk dan objek wisata utamanya adalah Kawasan Danau Bratan yang berada diatas bukit. Danau Bratan terdapoat pula Pura Ulun Danu, tempat masyarakat setempat berdoa sebelum dan sesudah bertanam. Bedugul merupakan objek pegunungan dengan ketinggian antara 1.200 – 1.450 m dpl. Kawasan Bedugul juga terdapat Kebun Raya Eka Karya. 


In the end… my trip my adventure… selesai sudah perjalanan kita di bali. Saatnya kita otw penyeberangan Gilimanuk lewat jalur utara. Setelah kurang lebih satu jam pelayaran sampailah ke Ketapang.


Universitas Muhammadiyah Malang, yaa kunjungan kampus  pertama kita di UMM, kita berburu info tentang kampus putih tentunya sangat berguna dikemudian hari sebagai wawasan kita tentang kampus di daerah Malang.


Jatim Park 1, Tempat Wisata paling dikunjungi di Kota Wisata Batu saat ini adalah Jawa Timur Park (Jatim Park). Maklum obyek wisata yang berada di lereng Gunung Panderman ini adalah yang termodern dan terbaik di Kota Wisata Batu. Wahana permainannya banyak dan pemandangannya juga indah. Selain itu hawa yang sejuk menjadikan tempat wisata yang berada di ketinggian 850 meter dpl itu sangat cocok untuk orang-orang yang datang dari daerah panas, seperti kami rombongan dari Pangkalan Bun ini.


Memadukan secara serasi konsep pendidikan (education) dan konsep pariwisata (tourism) dalam satu ruang dan waktu BNS, Batu Night Spectacular merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang hanya dapat dinikmati malam hari, buka mulai pukul 15:00 sampai dengan 24:00. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa kita lupakan setelah menikmatinya seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline. 


Kunjungan STIPER Jogja. Inilah yang menjadi ajang reuni bagi kakak kelas kami dan mahasiswa dari Pangkalan Bun. Jadi seru banget ketemu kakak kelas dan mereka juga bias kangen-kangenan sama guru-guru kami. Kakak kami juga memaparkan informasi tentang kampus mereka. Yups… STIPER salah satu kampus favorit Pangkalan Bun karena disitulah jurusan pertanian khususnya yang berhubungan dengan kelapa sawit..



Kelar kunjungan kami langsung menuju ke Candi Prambanan, Adalah kelompok percandian Hindu pada masa Dinasti Sanjaya abad IX. Ditemukan nama Pikatan menimbulkan bahwa candi ini dibangun Rakai Pikatan yang diselesaikan Rakai Balitung berdasar prasasti 865 M  “ Prasasti Siwargrha “  walau cuaca panas gak menghalani kita buat mengabadiakan gambar-gambar dan selfie. 1, 2, 3 ciiiiiiizzz..!


Pusat jajanan dan oleh-oleh jogja dulu kawan,,,, bakpia pathok adalah jajanan khas jogja yang sudah mendunia.. hmm kayaknya kebanyakan pada beli bakpia deeh.. bawanya simple sudah dikotak dan di kardus. Berikiutnya juga mampir sejenak ke pusat kaos DAGADU ( matamu ), kaos made in jogja yang khas dengan olahan kata-kata lucunya.


Sekitar jam tujuh kita sampai di Malioboro.. Icon kota jogja juga.. kami dikasih waktu yang lumayan lama.. sampai larut malam.. selamat ber_shoping-shoping kawaaaan… menyusuri jalan, pedagang dan melihat berbagai macam orang..  sayangnya kondisi cuaca gak begitu bersahabat… gerimis..  Souvenir khas sudaah.. kaos jogja terbeli, oleh-olehnya juga sudah.. batiiiik,,? Pasti dong… uptsss makan malam belum!!

Kelar makan di perbatasan Jogja – Magelang kami terus melanjutkan ke Semarang ibu kota Jawa tengah. Kurang lebih 3 jam kami sampai juga di kota lumpia Semarang tepatnya  di PHI Semarang untuk transit juga menginap.


Kunjungan Unisula. Tujuan pertama kita tentunya yang ada hubungannya dengan kunjungan kampus, adapun kampus yang kami pilih diantaranya UNISULA Universitas Islam Sultan Agung. Berbagai informasi keunggulan kami dapatkan.. keliling kampus juga kami manfaatkan untuk melihat-lihat sarana dan prasarananya. Haaaah.. lumayan panas cuaca Semarang.


Kunjungan Udinus, Uneversitas Dian Nuswantoro kampus yang ada diseputran komplek kantor Gubernur Jateng..yaa kita diterima dengan welcome bangeet.. kami sempat juga interaktif dalam hal menggali informasi kampus.. pihak kampus juga dengan semangat memberikan berbagai info dan gambaran detainya.


Lawang Sewu, Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Di pandu guide yang cas cis cus menerangkan berbagai info bangunan sejarah serta klenik yang ada di gedung. Setelah berfoto-foto di halaman tengah, kami diajak menyusuri gedung penggalan Belanda ini. Diawah ada penjara jongkok, pintu yang besar-besar dan banyak. Dan tentunya juga cerita mistisnya gak ketinggalan… hmmm ngeriii… oh tidaak..  Turun yukks…

Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto….. itulah salah satu prinsip kami dalam merawat dan mengabadikan peninggalan sejarah bangsa. Usai sudah kami berkunjung ke Lawang Sewu..

Walau agak berat, walau capeeeek tetep aja harus jalan menuju ke salah satu Mall di Semarang. Karena bisnya tidak ada tempat parkir jadi kami terpaksa berjalan kurang lebih 600 meteran. Ternyata tantangan berjalan belum usai… kini giliran ke Simpang Lima Semarang ternyata juga harus berjalan lagi, dikarenakan hal yang sama… bis gak boleh parkir… hampir 1 kilo broo,,, bayangin ajah malam-malam masih dihajar buat berjalan.. apesnya lagi sampai simpang lima gerimisss.. untung aja gak berlanjut hujan…

Sambil menikmati keindahan kompleks simpang lima Semarang, kami makan-makan di seputaran trotoar..  Haay… Tahu Gimbal… makanan khas semarang.. juga ada makanan nasi semacam nasi kucing di jogja..angkringan..! disini juga ajang ketemu kangen ma kakak kelas yang pada kuliah di kampus setempat.  Waktu berjalan semakin larut… kami harus meninggalkan simpang lima.

Jiaaaaaah… dari 2 bis rombongannya.. sekarang tinggal 1 bis doang.. karena beberapa hal.. ada yang naik pesawat.. ada yang masih liburan di Jawa dll deeh… yups kami tinggal sekitar 40an orang yang naik kapal menuju Kumai.. sekitar pukul 12 WIB.. kami meninggalkan pelabuhan Tanjung Mas Semarang… byy..by sampai ketemu lagi yaaa..

Tak ketinggalan kami ucapkan bnyak terimakasih kepada SMAN 1 PANGKALAN BUN.. beserta Ibu Rusna, pak Bahrudin, guru-guru pembimbing dan bang Moel.. tentunya juga BPW DIVANA TOUR Purworejo dan Pangkalan Bun.. TL setia kami.. Pak Yasiiin.. Om Seilaaa.. Mas Rio dan Mas Diiida… 

Posting Komentar Blogger

 
Top