Tahun 2015 kali ini Akademi Perikanan Yogjakarta (APY) mengadakan kunjungannya ke bagian barat, tepatnya daerah Sukabumi dan Bandung. Kami akan mengunjungi BBPBAT ( Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar ) Sukabumi yang ada di Selebintana dan DeJee Fish didaerah Cisaat serta esok harinya ke Bosscha Observatory Lembang.



Untuk ke dua kalinya APY dengan BPW Divana Tour Purworejo mengadakan kerjasama dalam hal kunjungan lapanagan. Ok.. kami start dari kampus sekitar pukul 16.00 WIB, sambil menikmati perjalanan ke Sukabumi kami enjoy aja biar gak bosan…. Yups.. gak terasa pukul 18.30 WIB kami ISHOMA di rumah makan wilayah Gombong..

Setelah mengalami perjalanan melelahkan, akhirnya kita sampai ditempat transit Sukabumi.. mantaaap.. welcomenya teh panas yang bias mengusir hawa dingin Sukabumi.. baik ditempat ini kita beres-beres n sarapan pagi biar stamina kita fit lagi.

Tepat pukul 08.30 WIB kita sampai di BBPBAT Selebintana. Biasaa sambil menunggu penerimaan tamu kita selfi-selfie dululaah…




Sambutan baik dari BBPBAT.. kami diterima diaulanya.. mengadakan dialog.. Tanya jawab.. dan tentunya kami mengorek informasi sepuasnya.. mumpung berada dan berhadapan dengan ahlinya.. kebetulan salah satu alumni dari APY juga mendampingi kami.. Bapak Joko yang kebetulan juga Ketua Pokja di BBPAT.


Kelar presentasi dari BBPBAT kami diajak melihat langsung kelapangan. Melihat bagaimana pembibitan.. penaggulangan penyakit.. tata kelola.. dll.

Wooow ternyata BBPAT merupakan balai terluas di Asia Tenggara.. trimakasih BBPBAT, Bapak Joko..
Kunjungan kami ke 2 adalah di De Jees Fish di daerah Cisaat. Sama seperti di BBPAT.. disini juga kunjungan dan belajar pembudidayaan ikan tawar.


Baik semakin sore .. akirnya kita otw ke kota bandung.. naah ini butuh perjuangan dan kesabaran.. maceeeeetnya itulooh… sekitar 5 jam lebih untuk sampai di bandung.. pdahal berangkatnya Cuma butuh 2 jam Bandung – Sukabumi.

Kami menginap di Hotel Istana kota Bandung.. karena sudah terlalu malam kami tidak sempet menikmati dan jalan-jalan malam di bandung.. zzzzzzz kami semua istirahat.


Dengan perjuangan keras akhirnya kita jam 06.00 WIB.. sudah ready di loby makan.. sarapan.. otw ke Bosscha.. hanya sekitar 1 jam kita dah sampai di parkir Bosscha.. untuk ke lokas Bosscha juga butuh perjuangan, karena harus jalan kaki kurang lebih 1,3 KM. nanjak lagi jalanya…

Perjuangan kami terbayar juga dengan melihat kemegahan Bosscha.. selfiiiieeeee dan selfiee..

Kami masuk masuk ke gedung utama Bosscha observatory.. woooww n wooow teryata teropongnya terbesar ke-^ pada waktu jamannya dibuat.. kurang lebih 14 ton beratnya broo.. takjuub.. banyak keterangan dan informasi yang kami dapat.. setelahnya kita melihat film tentang planet dan tata surya.. kami juga dibuat takjub lagi tentang informasi tata surya kita.

Menduuung.. berkabuuuut… dan akhirnya gerimissss… yupss kita disambut gerimis saat di puncak Gunung Tangkuban Perahu tepatnya di Kawah ratu.

Meskipun cuaca kurang mendukung selfieee tetap wajib di lakukan...

Inilah cerita perjalanan kami dengan APY ke Sukabumi dan Bandung. Terimakasih APY..

Posting Komentar Blogger

 
Top