We always have enough time.. if we will but use it aright…

Sabtu tanggal 28 Maret 2015.. keluarga besar SMAN 9 Purworejo  kelas X dan XI mengadakan kegiatan field trip ke Museum Sangiran dan Grojogan Sewu Tawang Mangu.  Rombongan terbagi dalam 5 bis, dengan jumlah peserta 220 orang…  Tema pembelajaran kali ini tentang masa pra sejarah. Situs Sangiran merupakan tempat yang tempat untuk melakukan perjalanan kembali ke masa pra sejarah. Banyak hal yang bisa dipelajari di situs ini, antara lain tentang kehidupan di masa lalu dan tentang misteri evolusi makhluk hidup yang sangat menarik untuk diungkap.


Perjalanan menuju Sangiran Dome kurang lebih menempuh waktu 3.5 jam. Yaa lumayanlah perjalanan yang ditempuh… biar mnegurangi rasa bosan kita enjoy di dalam bis..


Tepat pukul 11.00 WIB kami sudah masuk di area Sangiran Dome..  Sangiran Dome masuk wilayah Sragen. Kabupaten Sragen juga sering disebut sebagai “Tlatah Sukowati” , dengan topografi sebagai berikut: di tengah-tengah wilayah mengalir Sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa; daerah sebelah selatan merupakan bagian dari lereng Gunung Lawu; sebelah utara merupakan bagian dari Pegunungan Kendeng; dan sebelah barat merupakan kawasan yang sangat terkenal dengan sebutan “Kubah Sangiran”.




1934: Ahli antropologi Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald memulai penelitian di area tersebut, setelah mencermati laporan-laporan berbagai penemuan balung buta ("tulang buta/raksasa") oleh warga dan diperdagangkan.







Ada sekitar 60 lebih fosil H. erectus atau hominid lainnya dengan variasi yang besar, termasuk seri Meganthropus palaeojavanicus, telah ditemukan di situs tersebut dan kawasan sekitarnya. Selain manusia purba, ditemukan pula berbagai fosil tulang-belulang hewan-hewan bertulang belakang (Vertebrata), seperti buaya (kelompok gavial dan Crocodilus), Hippopotamus (kuda nil), berbagai rusa, harimau purba, dan gajah purba (stegodon dan gajah moderen).





Akhirnya usai sudah kami belajar dan mengamati tentang  Museum Sangiran… belajar tentang kehidupan masa lalu…

Perjalanan selanjutnya.. Selamat datang di Gojogan Sewu…

Grojogan Sewu. Tempat ini merupakan kawasan Air terjun yang berasal dari mata air Gunung Lawu dan mempunyai ketinggian sekitar 81 meter.  Obyek Wisata Tawangmangu ini berada di lahan seluas kurang lebih 20 Ha dan berada di komplek Wana Wisata.



Kami langsung menuju air terjun dengan menuruni ratusan anak tangga. Oh iya, di Grojogan Sewu ini banyak sekali kera yang hidup dan berkeliaran dengan bebas. Hati-hati dengan barang bawaanmu terutama makanan dan minuman, karena kera-kera disini cukup usil.





Butuh waktu sekitar 20 menit untuk menuruni tangga ini. Tangga untuk turun dan naik dipisahkan s ehingga pengunjung yang akan turun dan naik tidak saling bertabrakan.









Trims SMAN 9 PURWOREJO.. Sayo naraaa...

Posting Komentar Blogger

 
Top